Selasa, 28 Juni 2011

Introducing To Corel DRAW

Dalam desain vektor terdapat beberapa software aplikasi yang sudah terkenal dan banyak digunakan karena sudah begitu familiar antara lain adalah Adobe Ilustrator dan Corel DRAW. Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai Corel DRAW. Versi terbaru dari Corel adalah Corel X. Tidak masalah kita menggunakan Corel DRAW versi berapapun karena pada dasarnya fungsi-fungsi utama tetap sama, jadi jika kita telah menguasai versi tertentu, dijamin tidak akan kesulitan menggunakan versi yang lain.
Sebagai contoh bagi anda yang biasa menggunakan aplikasi MS Office, tidak akan mengalami kesulitan dengan berbagai versi update yang ada. Baik menggunakan MS Office 2000, 2003 ataupun yang terbaru MS Office 2007.
Untuk tahap pertama mempelajari Corel DRAW, kita akan mengenal lebih duluarea.
Berikut ini bagian-bagian utama dari area kerja pada Corel DRAW!:
Title Bar
Menampilkan nama file yang sedang dikerjakan. Tiga buah icon yang ada diujung sebelah kanan masing-masing berguna untuk meminimumkan tampilan Corel DRAW! sehingga hanya terlihat pada taskbar Window, memaksimalkan tampilan hingga memenuhi seluruh bagian layar pada monitor, serta untuk menutup atau keluar dari Corel DRAW!.
Menu Bar
Berada dibawah Title Bar, berisikan nama-nama menu meliputi: File, Edit, View, Layout, Arrange, Effects, Bitmap, Text, Tools, Window, Help. Menu tersebut berisi daftar perintah yang bisa digunakan pada Corel DRAW!, Untuk menampilkan daftar perintah tersebut dilakukan dengan mengklik salah satu menu yang ada.
Rulers
Rulers atau Pengaris digunakan untuk menentukan posisi serta ukuran dari suatu obyek. Untuk menyembunyikan Penggaris suapaya tidak kelihatan pada area kerja dilakukan dengan klik menu View, Rulers kemudian hilangkan tanda ceknya (Ö). Bentuk Penggaris dan cara kerjanya akan berubah ketika sedang melakukan editing teks pada Corel DRAW! dengan menggunakan Paragraph Text Tool. Pada saat tersebut kita dapat melakukan editing teks seperti pada program MS Word.
Drawing Window/ Workspace
Merupakan daerah yang digunakan untuk menggambar dan berkreasi dengan obyek. Kotak persegi yang terdapat pada Drawing Bar melambangkan area yang akan muat ke dalam halaman yang akan dicetak.
Scrool Bar
Untuk melihat bagian-bagian dari area kerja yang tidak muat ke dalam layar monitor sehingga tidak terlihat dapat dilakukan dengan menggeser tombol pada horinzontal/ vertical scroll bar. Tombol ini berguna sekali pada saat melakukan pembesaran tampilan (zooming).
Page Counter
Dalam Corel DRAW!, kita dapat membuat desain yang terdiri dari banyak halaman dalam satu file. Untuk membuat halaman baru, klik pada icon + di page counter. Sementara untuk berpindah antarhalaman dilakukan dengan melakukan klik pada nomor halaman yang bersangkutan atau dengan melakukan klik pada panah sebelah kiri atau sebelah kanan.
Color Palette
Bagian ini digunakan untuk memberi dan memilih warna garis luar (Outline) dan warna isian (Fill) pada suatu obyek. Untuk memberi warna pada isian, klik kiri mouse pada warna yang dipilih di Color Palette. Sedangkan untuk memberi warna pada garis luar, klik mouse sebelah kanan pada warna yang dipilih di Color Palette. Simbol X di ujung Color Palette digunakan untuk menghapus warna isian jika menggunakan klik kiri dan menghapus warna garis luar jika menggunakan klik kanan.
Status Bar
Menampilkan informasi tentang obyek yang sedang dipilih atau pekerjaan yang sedang dilakukan.
Tool Bar
Tool Bar digunakan untuk melakukan perintah secara lebih cepat ke fungsi-fungsi pada Corel DRAW!. Semua fungsi yang terdapat pada Tool bar juga terdapat pada Menu bar. Kita dapat memilih menu apa saja yang hendak ditampilkan pada Tool Bar. Klik kanan pada area Tool Bar untuk melihat menu apa saja yang ditampilkan. Untuk memilih menu yang hendak ditampilkan beri tanda cek (Ö).
Tool Box
Berisi perintah-perintah pada Corel DRAW! yang diperlukan dalam menggambar atau membuat desain. Letak tool box dapat dipindahkan sesuai dengan selera kita dengan cara mengklik dan menggesernya ke tempat yang kita inginkan. Beberapa icon pada tool box memiliki simbol segitiga kecil di pojok kanan bawah yang menandakan ada beberapa icon lagi di dalamnya yang disebut flyout. Untuk memunculkan icon tersebut klik pada flyout kemudian pilih icon tool box yang akan dimunculkan atau digunakan.

 

0 komentar:

Posting Komentar

Netpreneur Blog Indonesia

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More