Selasa, 10 April 2012

10 Contoh Kemasan Unik

Contoh kemasan unik sebagai ide jasa desain packaging unik dan menarik untuk meningkatkan penjualan produk Anda. Telah dibuktikan melalui riset di Amerika, Indonesia, Jepang dan negara lainnya bahwa kemasan unik dan menarik dapat mendongkrak penjualan produk. Packaging atau lebih dikenal sebagai kemasan merupakan wadah atau sarana pembungkus mempunyai fungsi ganda. Selain dapat membantu mencegah atau mengurangi kerusakan disaat distribusi barang juga sangat berperan dalam menentukan keputusan konsumen untuk melihat atau bahkan membeli produk tersebut. Fungsi untama melindungi kemasan dari bahaya pencemaran serta gangguan fisik berupa gesekan, serangan binatang, benturan, perubahan udara / cuaca ringan dan juga getaran.
Kemasan unik banyak dipakai di Indonesia akhir-akhir ini. Ada kotak kemasan ada yang bentuk brick dan ada yang nyeleneh dengan bentuk tak beraturan. Karena mereka paham bahwa dengan mempercantik kemasan dapat meningkatkan daya saing produk. Apalagi bagi mereka yang menjual produk makanan dan oleh oleh khas daerah tertentu. Kemasan makanan unik menjadi daya pikat yang manjur bagi calon pembeli bahkan yang tidak kenal produk tersebut sebelumnya. Jika kesan pertama produk sudah menyenangkan, lucu dan dapat meraih hati calon pembeli barulah sisi rasa dan selera yang menentukan. Kemasan produk keren, kemasan bagus akan menarik para pelanggan dan kustomer potensi.
Fungsi utama pacaging atau pengemasan sebenarnya untuk menempatkan produk hasil pengolahan atau produk industri sehingga proses angkut, simpan, dan kirim produk mudah dilakukan sekaligus menghemat tempat. Ada pula yang mengesampingkan fungsi hemat tempat ini. Alasan utamanya adalah untuk menonjolkan identitas atau lebih keren dikenal dengan sebutan bran sekaligus menarik pembeli yang menyukai bentuk kemasan unik dan artistik.
Mari kita bahas dari segi promosi dan branding. Wadah atau pembungkus produk cukup berperan dalam merangsang atau daya tarik niat pembeli untuk segera menentukan pilihan produk yang dibeli. Kita wajib ingat bahwa produk yang dijual di etalase toko akan bersaing dengan produk lain bahkan serupa. Mulai dari rasa yang sama, produk, bentuk dan bahan. Peran kemasan semakin menentukan.
Mungkin Anda akan tertarik dengan tulisan berikut
  1. Tips membuat brosur yang tepat guna
  2. Membuat desain brosur dengan photoshop
  3. Cara bikin desain brosur dengan coreldraw
  4. Cara membuat desain brosur dengan illustrator
  5. 10 Contoh Desain Brosur Makanan yang Menarik
Beda kasus pada etalase pribadi / toko monopoli yang hanya menjual produk itu saja. Kemasan unik dan menarik akan memberikan rasa nyaman dan senang kepada customer ketika melihat kemasan terlihat menarik bahkan elegan dan mewah. Naiklah prestige pembeli. Coba Anda bandingkan pada contoh kasus kripik ketela. Mungkin Anda sudah tahu ada keripik ketela yang dijual di etalase mini market atau swalayan. Bandingkan dengan keripik singkong yang dijual di pinggir jalan. Biasanya menyediakan rasa manis, asin dan bawang. Jika kita telaah sedikit lebih jauh pada proses produksi. Maka akan ditemukan fakta unik, yaitu harga produksi kripik ketela lebih mahal yang dijual di pinggir jalan, yang tanpa kemasan.
Misalkan satu ons kedua keripik tersebut dijual dengan harga yang sama. Makakeuntungan yang menggunakan kemasan lebih besar karena produksi yang lebih murah. Dengan adanya fakta ini maka dapat dikatakan bahwa dengan memakai kemasan yang lebih baik maka dapat meningkatkan harga dan sekaligus meningkatkan keuntunganpernjual per piece nya. Apa lagi jika ditambah dengan peningkatan penjualan. Anda dapat membyangkan sebesar apa keuntungan yang Anda dapatkan menggunakan packaging unik dan menarik ini.
Akhirnya dapat ditarik kesimpulan. Ada tiga alasan utama mengapa desain kemasanpenting dalam pemasaran :
1. Desain packaging dapat membentuk pola loyalitas konsumen dengan cara mempengaruhi psikologis dan emosional. Contohnya melalui warna, keunikan bentuk kemasan, ilustrasi dan layout.
2. Desain kemasan juga dapat sangat berpengaruh terhadap standar perusahaan dalam penetapan harga sebuah produk diluar produksi.
3. Desain packaging dapat membuat sebuah produk mempunyai identitas yang membuatnya berbeda diantara produk lainnya sejalan dengan persaingan merk dagang yang semakin kompetitif
Contoh Kemasan Unik
p>Contoh Kemasan Unik
Contoh Kemasan Unik
Contoh Kemasan Unik
Kemasan Unik
Contoh Kemasan Unik
Kemasan Unik

1 komentar:

Posting Komentar

Netpreneur Blog Indonesia

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More