Sabtu, 24 Desember 2011

Cari Uang di Kontes Desain 99Designs

menyatukan para pekerja desain ( designer ) dengan para pencari layanan jasa desain ( Contest Holder ). 99designs situs yang membayar design lebih dari satu juta ( memang ada yang kurang dari itu tapi intinya mereka membayar kita sebagai desainer lebih dari biasanya kita mendesain untuk kebanyakan projek desain di Indonesia ). 99desain dapat dikatakan sebagai website kontes desain yang cukup populer dan bergengsi di kalangan para desainer muda maupun desainer senior. Bisa jadi situs crowdsourcing ini akan menjadi sumber mata pencaharian alternatif maupun utama bagi para desainer sebagai media untuk memeras otak dan menyalurkan ide-ide cemerlang dengan harapan bisa jadi sang juara kontes.

Cara kerja 99designs cukup gampang dan mudah dipahami. Masih ingat dengan lomba logo tournament untuk alternatif mencari uang di internet? Hampir sama bukan? Bedanya variasi job desain atau pekerjaan layanan desain di 99designs lebih banyak alias variatif membuat para desainer cukup tertantang untuk terus berkarya dan berperan aktif mengikuti kontes desain potensial. 99design adalah lowongan kerja desain grafis yang tidak pernah tutup. Situs ini menggunakan bahasa inggris jadi bagi Anda yang blekak-blekuk ya sodaranya pasti google translate untuk membaca dan mempelajari detail brief yang diberikan oleh pemilik kontes desain. Kontestan desainer dari seluruh penjuru dunia turut menyemarakkan lomba tersebut, hasil karya desain tersebut bisa untuk portfolio, materi pengembangan skills, bahan pembelajaran, bahkan bisa sebagai pembanding kemampuan membuat desain bisa juga 99design jadi ajang mencari inspirasi / teman / kolega /klien.


Apa 99designs scam ? nggak juga. Pembayaran di 99designs terjamin melalui sistematika yang jelas yaitu setiap orang yang membutuhkan jasa desain wajib menyetorkan uang ke pihak 99designs kemudian ketika kontes usai atau pemenang sudah ditentukan maka uang tersebut akan disalurkan ke akun desainer pemenang ( tipe Recommended ). 99designs terbukti mabayar dengan uang relatif mahal. Ini berarti ada kepastian pembayaran dari pemegang / pemilik / pembuat kontes desain untuk pemenang. Ada empat jenis pembayaran di website ini, yaitu :
AlertPay
Paypal
MoneyBrokers
WesternUnion

Terdapat banyak designer hebat dan berbakat situs kontes desain ini, sehingga memacu adrenalin para designer pemula untuk bersaing dan memerkan kreatiftas dan kebolehan mereka dalam mengolah karya desain. Tentunya ini menjadi catatan khusus jika pemula dapat memenangkan kontes desain apalagi yang memulai belajar design otodidak. Pengakuan, respect dan kebanggaan tersendiri dapat menoreh prestasi mengalahkan para senior desainer atau para pendahulunya. Banyak jenis kontes desain di 99 designs :
Desingn Logo
Desain Website
Desain T-Shirt
Coporate Identity
Brosur
Motion graphic
Kartu Nama
dan banyak lagi yang lainnya. Hampir semua produk desain ada di 99designs tergantung dari kontes holdernya.

Selain mendapat sanjungan 99designs juga mendapat hujatan dari banyak pihak karena aktifitas specs work. Hal inilah yang juga menjadi bahan pertimbangan bagi Anda yang sudah mapan dalam bidang desain. Di satu sisi kita menginginkan dibayar atas jerih payah kita dalam membuat sebuah karya disisi lain hanya pemenang saja yang akan dibayar. Tidak semua desain kita akan dibayar, itulah yang menjadi pokok permasalahan bagi mereka para desainer yang sudah mapan (meskipun itu juga yang dirasakan desainer pemula). Namanya saja kontes, ya jelas lah kalau pemenang take it all. Bedanya jika desainer pemula ( yang biasanya belum tahu harga desain atau belum berpengalaman mendapatkan bayaran tinggi ) tidak akan merasakan efek spec work seperti yang dirasakan oleh mereka yang sudah biasa di gaji mahal setimpal dengan apa yang dilakukan.


99designs dan semacamnya saya kira cukup cocok bagi desainer yang ingin diakui kemampuan desainnya secara lebih luas ( well known ) disaat mencoba peruntungan mencari kerja desain secara online sekaligus hasil karya desain tersebut akan menjadi portfolio. 99designs cukup menjadi harapan bagi desainer yang meniti karir, cukup sesuai bagai Anda desainer yang memulai karir untuk mendapatkan uang secara halal.

Bagi Anda yang sudah menjadi desainer profesional atau sudah mapan dalam hal finansial saya rekomendasikan untuk tidak mengikuti kontes desain ini. Ini sudah bukan rahasia lagi. Ngapain Anda repot-repot cari kerja lain sementara yang Anda kerjakan melebihi hasil dari yang baru.

Ya, di banyak tempat me-review website kontes ini dan tidak sedikit yang menyatakan 99designs bukanlah tempat yang tepat buat Anda. 99designs adalah alternatif yang menggoda bagi praktek bisnis tradisional. 99designs membayar murah atas apa yang anda kerjakan. 99designs bukanlah tempat ideal bagi desainer untuk berinteraksi dengan dunia bisnis. 99 design mentransfer hak cipta Anda ke orang lain apakah Anda ingin atau tidak. 99designs adalah tempat bagi mereka yang sudah putus asa mencari uang dan tidak tahu apa-apa tentang dunia kerja. Dan masih banyak lagi keburukan lainnya.

Tidak semua perusahaan punya uang 2 milyar untuk sebuah logo begitu pula tidak semua desainer dibayar sama dengan apa yang mereka kerjakan, baik untuk perkerjaan online maupun di dunia nyata. Itu fakta. Dan itu pula yang menjadi bahan perdebatan panjang tak sudah.

Namun ini semua menyangkut pilihan dan itu semua ada resikonya. Yang terpenting Anda tahu apa yang Anda kerjakan. Anda paham apa yang ingin Anda capai. Banyak di antara desainer yang memulai karir desainer di 99designs pada akhirnya mendapat klien tetap tanpa ada spec work lagi. Ada pula yang merasa beruntung menjadi member 99designs karena penghasilannya bertambah. Akhirnya 99designs menjadi sekedar pijakan sementara bagi Anda yang mencari kerja dengan waktu luang berlebih. Kita punya cara masing-masing. Everyone has a place in the market place. Tepat tidak tepat, baik tidak baik Andalah yang menentukan , Andalah yang mengalami, Andalah yang merasakan bukan mereka bukan dia, kita sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar

Netpreneur Blog Indonesia

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More