Jumat, 13 Januari 2012

membuat efek embun di photoshop


membuat_efek_embun_headimageEfek embun sangat mudah di buat di Photoshop, hanya perlu menggunakan satu teknik (yaitu teknik masking) dan kesabaran untuk mendapatkan hasil yang mendekati realistis.

Sebelum memulai saya mau meminta maaf karena tidak sempat menulis artikel baru selama bulan April kemarin di karenakan kesibukan pekerjaan (cliche but true! :P ). Tapi mulai sekarang saya berkomitmen untuk menjadikan Jurus Grafis sebagai projek juga sehingga frekuensi posting tetap dapat terpenuhi.
Ok, cukup basa basi nya, kita akan mulai membuat efek embun di Photoshop. Materi yang di perlukan adalah gambar kaleng minuman bersoda (atau gambar apa saja yang kamu mau), bisa di unduh di tautan ini.

Langkah 1

Buka gambar kaleng yang sudah di unduh tadi di Photoshop.
membuat_efek_embun_tuts_langkah1

Langkah 2

Gunakan Pen Tool (P) berwarna putih untuk menggambar embun. Bentuk embun tidak beraturan tetapi tetap ada unsur lingkaran, jadi kamu bisa bebas menentukan bentuk embun yang kamu inginkan.
membuat_efek_embun_tuts_langkah2

Langkah 3

Di tahap inilah efek embun akan di hasilkan. Gunakan teknik masking pada bentuk embun yang baru kita buat tadi.
membuat_efek_embun_tuts_langkah3

Langkah 4

Gunakan Soft Brush pada bagian tengah bentuk embun, sehingga akan di hasilkan efek transparan, jangan lupa juga untuk menurunkan Opacity Brush nya supaya efek transparan yang di hasilkan lebih lembut.
Kunci langkah ini adalah eksperimen, sekaligus melatih feeling kita untuk menghasilkan efek yang sesuai seperti embun asli.
membuat_efek_embun_tuts_langkah4
hasil sementara akan seperti gambar di bawah ini,
membuat_efek_embun_tuts_langkah5

Hasil Akhir

Ulangi langkah 2 sampai langkah 4 untuk membuat embun yang lain. Atau kamu bisa menduplikasi embun yang sudah ada dan merubah bentuk nya dengan Transform Tool (Ctrl + T).
membuat_efek_embun_tuts_hasilakhir

Kesimpulan

Membuat efek embun sangat mudah sekali bukan? :) dengan cara ini kamu bisa membuat efek lain selain embun, seperti bola kristal atau bola transparan, dan lainnya. File photoshop tutorial ini bisa kamu unduh di akhir posting (507 Kb). Selamat mencoba dan jangan pernah berhenti bereksperimen! :D

0 komentar:

Posting Komentar

Netpreneur Blog Indonesia

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More