3D
3D merupakan proses penciptaan, display, dan manipulasi obyek di komputer dalam bentuk tiga dimensi. Kelebihan 3D adalah obyeknya dapat dirotasi, dilihat dari segala sudut, serta dapat diskala lebih besar atau lebih kecil. Program-program 3D CAD dan 3D Graphics memungkinkan obyek-obyek diciptakan dalam skala X-Y-Z (lebar, tinggi, kedalaman). Program-program ini juga memungkinkan pencahayaan diterapkan secara otomatis di tahap pengubahan.
Vektor
Gambar vektor merupakan gambar digital berdasarkan persamaan matematis yang menggabungkan titik-titik garis untuk menjadi sebuah obyek sehingga gambar tidak menjadi pecah walaupun diperbesar atau diperkecil. Itu sebabnya, vektor banyak digunakan untuk mendesain logo. Versi lain menyebutkan, dalam komputer grafis, sebuah garis ditandakan oleh titik akhirnya. Ketika sebuah lingkaran digambar, lingkaran tersebut terdiri dari banyak vektor-vektor kecil. Gambar vektor umumnya berukuran lebih kecil bila dibandingkan dengan gambar bitmap. Beberapa format gambar vektor di antaranya adalah SVG, EPS, CDR, AI, atau SWF.
Website
Sebuah situs web (sering pula disingkat menjadi situs atau website) adalah sebutan bagi sekelompok halaman web (web page) yang umumnya merupakan bagian dari suatu nama domain atau subdomain di world wide web (WWW) di internet. WWW terdiri dari seluruh situs web yang tersedia kepada publik. Halaman-halaman sebuah situs web diakses dari sebuah URL yang menjadi akar yang disebut homepage (halaman induk) dan biasanya disimpan dalam server yang sama. Halaman-halaman web, yaitu dokumen berkode HTML (hyper text markup language), terhubung satu sama lain—dan sering kali antar-halaman-halaman di situs web lainnya.
E-zine
E-zine (electronic magazine) adalah sebuah majalah atau koran yang dipublikasikan secara online yang berisi artikel, wawancara, atau macam-macam bentuk berita lainnya. E-zine bisa berbentuk website html biasa, flash, downloadable flash, pdf, atau downloadable pdf. Online graphic design magazine buatan anak Indonesia yang sudah cukup dikenal adalah creativebehavior.com, Vektorika Magazine, atau DesignFlip. Proses membuat e-zine ini tidaklah semudah yang dibayangkan. Serba teliti. Kalau tidak teliti, semua halamannya bisa buyar.
Animasi
Animasi disebut peragaan grafik atau file yang data-datanya mampu menghasilkan gambar 2 dimensi atau 3 dimensi yang bergerak. Misalnya adalah animasi gif yang mampu diubah-ubah dengan menggunakan perangkat lunak GIF animator. Di dalam sebuah halaman web, animasi bisa digabungkan dengan informasi lainnya dengan menggunakan teknik penyuntingan HTML, JAVA, Animasi GIF, Shockwave, maupun Flash.
Motion Graphic
Motion graphics adalah grafis yang menggunakan teknologi video atau animasi untuk menciptakan ilusi sebuah penampakan bergerak atau berubah. Motion graphics biasanya digabungkan dengan suara untuk proyek-proyek multimedia, dengan kata lain ditampilkan melalui teknologi media elektronik, tapi dapat juga ditampilkan memakai teknologi manual. Istilah ini berguna untuk membedakan grafis diam dengan grafis yang dapat berubah-ubah. Dasar program ini adalah pixel. Dalam film bioskop dikenal istilah frame by frame, satu detik 32 gambar. Di motion graphic komputer juga sama, gambarnya hasil dari pixel. Misalnya, 20 foto disatukan sehingga menjadi gambar bergerak.
Digital imaging
Digital imaging atau digital image acquisition lebih dikenal dengan istilah olah digital atau metode mengedit gambar yang biasanya merupakan modifikasi dari obyek fisik. Suatu gambar digital bisa dibuat menggunakan kamera digital atau alat semacamnya. Bisa juga menggunakan media analog (atau gambar), kemudian ditransfer melalui pemindai atau media semacamnya menjadi informasi digital dalam bentuk pixel yang dapat dibaca dan dimanipulasi oleh komputer, dan kemudian dibentuk kembali sebagai gambar yang dapat dilihat mata.
Virtual world (second life)
Virtual world adalah lingkungan simulasi komputer yang ditujukan agar para pemakainya mendiami dan berinteraksi melalui avatar. Beberapa virtual world, tetapi tidak semua, memungkinkan adanya berbagai pengguna. Biasanya, kalau seseorang setiap hari menggunakan internet minimal 1-2 jam, bisa dipastikan ia memiliki virtual world/second life. Contoh dari virtual world/second life adalah situs jaringan sosial semacam Friendster, Mypace, atau multiply. Bahkan, chatting juga termasuk dalam virtual world/second life.
0 komentar:
Posting Komentar