Rabu, 07 Maret 2012

Hierarki Tipografi

Ilmu Grafis Desain Tutorial Hierarki Tipografi merupakan suatu cara dalam memilih typeface, menata huruf & menyusun font untuk menciptakan kesan visual tertentu, sehingga dapat menolong pembaca untuk mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin. Apa saja ruang lingkup dan kegunaannya? Silakan baca lengkap tutorial tipografi berikut.
Dalam suatu publikasi sering kali diperlukan hierarki dalam penyusunan type. Tidak ada aturan baku dalam penyusunan tersebut karena dalam grafis modern senantiasa digali kemungkinan-kemungkinan baru yang lebih menantang serta dapat menarik perhatian responden atau target. Namun demikian, susunan hierarki tetap masih harus ada. Hanya saja hierarki itu perlu disusun berdasarkan alasan yang berbeda-beda.
Berikut contoh sebuah desain kemasan yang menonjolkan penggunaan tipografi sebagai penyampai informasi. Agar sasaran informasi tercapai, harus diperhatikan prioritas-prioritas penyampaian dalam penyusunan pesan. Oleh karena itu, dibuatlah hierarki sesuai urutan prioritas penyampaian informasi, terlepas dari legibility dan readibility.
Hierarki Tipografi
1. Nama barang yang terbungkus dalam kemasan ini adalah MEXAKIDS
2. Apakah Mexakids? SIRUP.
3. Sirup apa? OBAT BATUK.
4. Obat batuk yang bagaimana? Memiliki RASA APEL. Isinya NETTO 100 ml… dst.
Nah pada gambar tersebut terlihat jelas bahwa penggunaan besar ukuran fonthurufkapital, dan jenis huruf akan memberikan ruang-ruang tanda baca. Ruang ini akan memudahkan alur pembacaan, biasanya dimulai dari kiri atas ke bawah atau kiri atas ke kanan sesuai dengan bentuk dan alur yang diinginkan. Perlu diingat bahwa hierarkitipografi bisa dibentuk berdasarkan 3 hal yang saya sebut di atas. Diluar tipografi, untuk membentuk hierarki bisa menggunakan garis-garis alur / panah dan juga warna.
Tidak hanya tipografi yang menggunakan hierarki ini. Dalam dunia desain dipelajari Nirmanauntuk menggali lebih dalam tentang komunikasi secara visual. Meskipun tanpa ada tulisan, tetap saja sebuah gambar bisa diartikan dan dipahami sesuai dengan hierarki yang kita bahas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Netpreneur Blog Indonesia

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More