Rabu, 06 Juli 2011

Cyber-Education for Better Future of Indonesia


Cyber Education for Better Future of Indonesia … CYBER EDUCATION SEBAGAI LANGKAH AWAL MENUJU KEMANDIRIAN BANGSA. sebagai salah satu faktor peningkatan kualitas manusia tidak dapat kita pungkiri lagi. Lewat sebuah proses yang dinamakan ‘belajar dan mengajar’, transfer ilmu dilakukan. kita dapat menemukan sebuab interaksi timbal balik yang memungkinkan pemahaman atas suatu segala kondisi sehingga proses pendewasaan manusia berjalan terarah.Dewasa ini teknologi kian berkembang sangat cepat. Sekat-sekat antara satu hal dengan hal.
Akan muncul dua jawaban dengan berbagai alasan tergantung persepsi masing-masing individu dalam menyikapi isi wacana tersebut. Iya menurut si A, belum tentu Iya menurut si B… Hal yang biasa dan tidak perlu kita mempersoalkan secara mendalam.
Perkembangan teknologi saat ini, multimedia, bla.. bla.. membuat orang semakin mundah mengakses dan mendapatkan berbagai informasi, dan ini sangat membantu bagi para pelajar kita [maupun non pelajar] dalam pengembangan pengetahuan, keterampilan, keahlian, ketekunan dan kreatifitas yang tentu saja merupakan nilai tambah dalam proses pendidikan/pembelajarannya…
Tetapi hal ini akan berjalan dengan baik dan merata jika ada infrastruktur yang mendukung dan memadai yakni Jangkauan, Kualitas dan Harga. Jika tidak, hanya mereka yang domisili di kota besar saja bisa menikmati system Cyber Education ini, dan tidak etis kita mengatakan Cyber Education untuk masa depan Indonesia yang lebih baik sedangkan saudara kita di pelosok sana masih mengenyam pendidikan konvensional dengan situasi yang [maaf] “amburadul”.
Dalam Cyber Education harus ada integritas antara Teknologi dan Kurikulum Pendidikan, dimana konsistensi, karakter dan kredibilitas dari konsep ini bisa berjalan dengan baik dalam kepribadian individu yang menjalaninya.
Ada yang mengatakan dengan internet dunia kita semakin terbuka lebar… dari segi pengetahuan dan sejenisnya bisa jadi jawabannya iya,
Tidak bisa kita pungkiri kenyataan bahwa perilaku individu bangsa kita tidak lepas dari campur tangan media/teknologi seperti ini, entah yang bersifat positif atau negative. Dan sangat empati atas banyaknya yang mengatakan bahwa Indonesia merupakan salah satu pengakses situs porno terbesar di dunia. Kita tidak bisa menyalahkan keberadaan dan perkembangan teknologi ini, tapi penekanan pada perilaku individunyalah yang harus di berikan, dan hal yang paling bisa dan dekat selain keluarga dalam mengajarkan ini adalah dunia pendidikan.
Kembali kepada Cyber Education, tolak ukur untuk “mengkampanyekan” Cyber Education for Better Future of Indonesia masih belum jelas dan belum bisa mengandai-andai, karena masih banyak hal yang harus di perhatikan serta kendala yang harus di perbaiki dalam perpaduan system ini dengan dunia/kurikulum pendidikan kita.     Cyber - Education sangat berguna bagi masyarakat Indonesia kedepannya, mereka bisa jual - beli barang online. Entah dari penjualan dari makanan khas Indonesia, dsb. Dari situ penghasilan masyarakat Indonesia bisa bertambah daripada hanya menjual di dalam negeri saja. Kedepannya semoga lebih banyak orang yang mempunyai website sendiri untuk penjualan-penjualan produk mereka. Agar Indonesia lebih baik dan lebih dikenal lagi di dunia ini. :D .
.

0 komentar:

Posting Komentar

Netpreneur Blog Indonesia

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More