Jumat, 08 Juli 2011

Membuat Brush Sendiri dengan Illustrator

lmu Grafis Tutorial Desain Membuat Brush Sendiri dengan Illustrator.Pada dasarnya, penggunaan brush dalam Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator adalah sama, yang membedakan hanya pada extensi brush di masing-masing software. Kalau di Photoshop, kita akan mendapati brush dalam format bitmap, tapi kalau di illustrator, brush akan terbentuk dalam format vector.

Ada berbagai macam jenis brush yang secara default sudah tersedia setelah anda menginstall Adobe Illustrator di OS anda. Namun meskipun sudah banyak (menurut saya) brush default yang tersedia, tetap saja sebagai manusia kita merasa kurang. Bagaimana cara mensiasatinya? bisakah kita membuat brush sendiri? yup! jawabannya adalah bisa! tinggal ikuti langkah demi langkah di bawah ini :

Cara Membuat Brush dg Illustrator

1. Buat sebuah bentuk objek yang ingin dijadikan brush. Bisa objek apa saja, sebagai contoh, saya menggambar objek sederhana menggunakan Pen Tool seperti gambar dibawah ini.
2. Buka Brush Palette, (kalau belum tampil disebelah kiri layar, tinggal aktifkan menunya di Menu Bar, pilih Window dan centang pada pilihan Brush). Pada Brush Palette, klik pada ikon New Brush. Maka akan keluar sebuah tampilan window baru, aktifkan tanda centang atau contreng atau apalah namanya itu pada pilihan New Art Brush lalu klik Ok. Akan terbuka sebuah jendela lagi setelah itu, klik Ok aja, jangan diambil pusing.
3. Sekarang brush sudah aktif dan nempel di barisan Art Brush di Brush Palette.
4. Buat sebuah objek line yang ingin diberikan brush tersebut. Sebagai contoh, saya buat susunan garis berbentuk huruh GOEDANK seperti gambar di bawah ini.
5. Klik pada objek yang ingin diberikan brush, lalu klik brush yang baru anda buat di Brush Palette. Maka objek anda sekarang sudah di bentuk berdasarkan bentuk Brush yang anda buat. berhasil!
6. Besar Brush akan mengikuti besaran garis dari objek yang anda buat. Pada Control option dibagian atas anda bisa mengatur besaran garis yang sekaligus akan mempengaruhi besar brush pada objek.
Tutorial yang bisa disajikan di untuk masalah membuat brush di Illustrator. Silakan dikembangkan melalui brush-brush anda sendiri

0 komentar:

Posting Komentar

Netpreneur Blog Indonesia

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More