Sabtu, 16 Juli 2011

Movie Poster Design inspiration

Movie Poster Design (inspiration)

Sekilas tentang Movie Poster dalam dunia design ternyata memberikan kontribusi besar bagi dunia per-film an. Eksistensi poster dalam sebuah film (movie) tidak terlepas dari dunia Design, baik secara conceptualize maupun segi eksekusi atau penyajian (publishing).

Bahkan mulai dari bentuk poster lukisan (hand painting) di era 1960-an sampai sekarang era Modernisasi abad 21 dengan memanfaatkan teknologi digital (Digital Art) pun Movie Poster Design masih tetap di perhitungkan dan di butuhkan oleh Industrial Film.
Di bawah ini adalah beberapa contoh Movie Poster Design dari film - film terkenal dan terlaris.


Movie Poster Design untuk film Indonesia.

Quickie Express
Judul Film "Quickie Express"
Opini: Konsep retro vintage poster ini memberikan kesan exclusive dan fun, apalagi objek dalam poster ini menampilkan pemeran utama yang sudah tidak asing lagi talenta nya di Indonesia.


Perempuan Berkalung Sorban
Judul Film "Perempuan Berkalung Sorban"
Opini: Minimalis dan bermakna, dengan sebuah objek terfokus dan different di sela - sela objek lain dengan konsep repeating.


Laskar Pelangi
Judul Film "Laskar Pelangi"
Opini: Meskipun terkesan tidak natural karena ada sentuhan olah digital (Digital Imaging pada langit dan penempatan objek di atas ladang rumput) tapi poster ini patut di acungi jempol karena posisi dari para pemeran film ini di atur sedemikian sehingga membentuk sebuah barisan yang secara tidak langsung me-resume isi film ini.


Jermal
Judul Film "Jermal"
Opini: Sebuah film yang menceritakan exploitasi anak di bawah umur dan poster nya pun sangat simple dan indah sekali, dengan mengutamakan warna dominan biru dan penempatan objek di luasnya laut membuat poster ini secara natural menjadi dramatis.

Tahukah kawan sebuah konsep design poster untuk sebuah film ternyata memerlukan riset dan pemahaman mendalam seperti mempelajari behaviour audience dan target audience (untuk siapakah dan kalangan manakah film itu?), penting untuk di lakukan karena sebuah poster tersebut ternyata akan memberikan effect terhadap audience atau calon penonton.

Poster itu sendiri bahkan secara tidak langsung menjelaskan atau menggambarkan sebuah isi film secara resume. Jadi matangnya konsep dan hasil eksekusi sebuah Movie Poster Movie ternyata berpengaruh terhadap kesuksesan sebuah film yang siap di tayangkan.

Movie Poster Design untuk film Luar (Barat).

Zack and Miri Make a Porno
Judul Film "Zack and Miri make a porn"
Opini: Sebuah film drama yang penuh dengan pesan - pesan moral meskipun adegan nya di peruntukan usia +17 ("unrated") namun seperti alur cerita film ini poster nya pun simple.


Identity Movie
Judul Film "Identity"
Opini: Tak jauh dari judul film nya ternyata designer poster ini tak ambil pusing, dia dengan matangnya membuat sebuah konsep sederhana untuk film bertema Thriller ini dengan jiplakan tangan dan membubuhkan beberapa sosok orang di kelima jari tangan nya.


Transformers 2
Judul Film "Transformer 2"
Opini: Bagi sebagian penggemar Optimus pasti tak asing lagi dengan film ini, sedikit surprise memang karena ternyata orang bule di sana lebih suka design simple berikut juga dengan design poster ini yang hanya menampilkan sosok megatron (musuh dari AUTOBOTS) tak seperti film nya yang menurut saya sangat "wah...", kesan keras, jahat dan everything of the dark pokoknya di tekankan di sini.


The Ugly Truth Teaser
Judul Film "The Ugly Truth"
Opini: Penggunaan symbol sepertinya lebih terasa nuansa nya di poster ini, dan menurut saya sangat cocok sekali dengan isi dan alur cerita dari film ini "Great".


This Is It
Judul Film "This is it"
Opini: Sebuah film dokumenter dari sang legendaris raja Pop dunia sebagai bentuk dedikasi dan penghargaan terakhir untuk mendiang Michael Jackson dengan design poster minimalis yang lebih menonjolkan sosok M.J (posisi gerak tarian khas nya) .

0 komentar:

Posting Komentar

Netpreneur Blog Indonesia

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More