Rabu, 06 Juli 2011

“ Kebebasan Berekspresi di Internet “



Assalamu’alaikum Wr Wb
Saya akan memberikan informasi yang terkait dengan kebebasan berekspresi di internet.
Perkembangan terkini dunia internet dan jejaring sosial tidak bisa lepas dari sumber informasi atau gudangnya pengetahuan. Dua media tersebut sedang berkembang dengan sangat cepat. Sehingga bertumbuhnya ilmu-ilmu dari dunia luar, hampir semua pihak saat ini memilki kebebasan berekspresi dan mengakses internet yang sama. Mulai anak SD yang suka bermain di warnet khususnya game online. Kebebasan berekspresi tentunya menjadi suatu hal yang menarik dalam dunia internet. Pada zaman yang serba global ini tentu saja Internet sangat penting bagi pendidikan. Di kota-kota besar bahkan seperti menjadi kebutuhan primer. Orang-orang hampir setiap hari membuka internet, khususnya dengan membuka situs jejaring sosial antara lain facebook website yang sering diakses dan terkenal di zaman sekarang ini. Dan ini Beberapa fenomena menarik terjadi di masyarakat terkait kebebasan berekspresi di internet. Contoh mudah adalah melejitnya sejumlah public figure seperti Sinta-Jojo, Udin Sedunia, dan Briptu Norman yang bermula dari keberanian menunjukkan karakter diri dengan cara meng-upload video berdurasi beberapa menit di situs YouTube.
Fenomena  ekspresi paling nyata dapat  kita jumpai tidak lain  di situs jejaring sosial, terutama melalui situs Twitter dan Facebook. Pasti  kita sudah biasa menjumpai Fesbuker mengupdate status yang berisi kegiatan, umpatan dan kritik dll. Pun demikian dengan Twitter. Kita sering dibikin gerah dengan membanjirnya timeline yang berisi kalimat-kalimat bernada menyerang, intimidasi.
Manfaat dari kebebasan berekspresi di internet telah mengajak pengguna internet di Indonesia kepada satu kecerdasan emosional dan karakter serta kreatifitas untuk berkembang di dunia maya. untuk membangun komunitas atau jaringan yang sesuai dengan bidang yang ditekuni. Facebook telah melahirkan beberapa grup yang secara konsisten membekali anggotanya dengan berbagai kemampuan  tertentu. Misalnya grup kategori komunitas web design yang telah mengumpulkan sejumlah desainer-desainer web yang kreatif sering di adakanya diskusi tentang dunia TI seminar,forum,kompetisi yang diadakan oleh grup tersebut dll.
Twitter dengan keunggulan kecepatan penyebaran informasi juga telah menjadi cara baru mencari sumber informasi selain melalui mesin pencari yang biasa disebut Google. Bagi Anda yang aktif nge-tweet yang pasti sangat terbantu dengan jadwal kultwit yang bermanfaat (penjabaran materi kuliah melalui akun Twitter) dari para pakarnya. Mereka adalah pengguna jejaring sosial yang selalu aktif  berkomunikasi dan menyebarkan informasi dengan pengguna lain untuk membangun brand, kepercayaan publik, dan jaringan kerja yang bagus.
Berekspresi di internet memiliki banyak keuntungan. Akan tetapi, jika menggunakan internet dengan cara  sehat seperti yang dipaparkan di http://ictwatch.com/internetsehat, Bahkan Internet dapat menjadi pusatnya segala informasi di dunia ini.

Bicara soal kebebasan berekspresi (di) internet,ada sebuah sebuah ebook dan juga film dokumenter tentang kebebasan berekspresi di internet yang dibuat oleh teman-teman dari
Linimas(s)a. Dari keduanya sungguh luar biasa. Di dalamnya kita bisa menemukan arti yang sesungguhnya dari kebebasan berekspresi (di) internet . Dengan motto “Pengetahuan adalah Kekuatan”, teman-teman dari Linimas(s)a bertujuan untuk menyalurkan beberapa pengetahuan kepada masyarakat informasi bacaan yang cukup sederhana. Tentu saja pengetahuan ini agar semua orang bisa ketahui, pelajari dan pahami secara praktis.
Sebetulnya banyak sekali manfaat dengan adanya kebebasan berekspresi di internet banyak sekali rupanya. Dalam dunia Internet kita dapat  berbagai macam informasi baik dengan cara browsing atau kumpul di sebuah forum, jejaring sosial seperti facebook dan twitter atau blog tertentu dan bisa secara langsung mengirim surat lewat email di yahoo. Banyak sekali ilmu-ilmu yang kita inginkan di internet. Dan saya akan mengatakan bahwa internet tidak akan lepas dari kehidupan sehari-hari karena internet sumber dari segala informasi . Selain ilmu pengetahuan dan wawasan, internet yang sehat seperti di http://ictwatch.com/internetsehat juga bisa digunakan untuk mencari penghasilan secara online. Banyak sekali macam bisnis yang dapat dilakukan di depan komputer.
Internet pada umumnya diciptakan  untuk membantu pekerjaan manusia beserta manfaat tambahan lain yang tercipta . Kebebasan berekspresi internet akan menjadi salah satu bencana bila kita tidak dapat memperlakukan pengguna internet lain sebagai manusia yang harus dimanusiakan dan memiliki hak-hak pribadi layaknya kita sendiri. Sebaliknya, kebebasan ini akan menghasilkan kebaikan  bersama bila secara sadar kita bersedia menjadikan internet sebagai media kerjasama yang saling menguntungkan, peduli kepada sesama manusia, memperhatikan nilai-nilai pendidikan dan norma-norma yang berlaku di masyarakat, dan saya tentu saja menghargai karya para pekerja internet.
Dan saya menyarankan agar selalu berekspresi di dunia internet carilah banyak ilmu disanana
jangan terpaku oleh waktu dan tekanan yang ada di kehidupan ini marilah kita berprestasi bersama di dunia internet.
Mari kita secara langsung memanfaatkan kebebasan internet. Enjoy Blogging, Enjoy Writing!
Assalamu’alaikum Wr Wb






0 komentar:

Posting Komentar

Netpreneur Blog Indonesia

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More